Pada awal Agustus
secara resmi PT Kawasaki Motor Indonesia mengumumkan peluncuran All New Ninja
250 injection. Realisasi ini
merupakan bentuk perhatian KMI terhadap ‘Ninja Lover’ yang telah sabar
menantikan kehadirannya.
Hadirnya All New
Ninja 250 membawa penyegaran baru genre motor sport sejati kelas premium.
Penampilannya semakin stylish dan futuristis dengan model bodi dan fairing lebih
aerodinamis. Dilihat mulai dari depan, sudut tajam fairing lampu bagaikan ‘alis
mata’ dengan sorotan tajam sepasang lampu diamond cut yang
agresif.
Pada Ninja 250
baru ini banyak fitur canggih yang diaplikasi. Seperti lampu depan tipe multi
reflector terpisah. Kemudian lampu sein depan dengan sistem built-in model.
Sedangkan lampu sein belakang bergaya sharp
design.

Sekilas,
sosoknya kini memang lebih tajam dari model sebelumnya. Desainnya menjadi trend
yang diadopsi dari kasta tertinggi Ninja ZX-10R. Bahkan terasa pada nuansa bodi
dan fairing samping dipadu tiga lubang air intake kental nuansa sporty.
Sementara knalpot dan velg model racing menegaskan Ninja 250 generasi kedua ini
kian menjadi pujaan para penggemarnya.
Model
knalpot 2-1 dipadu dengan silencer pendek. Model ini akan menghasilkan tingkat
kebisingan suara knalpot yang lebih renda dan merdu. Pengguna motor ini tentunya
suka dengan kecepatan. Desain knalpot seperti ini akan membuat pengendara motor
yang menikung ekstrim bisa lebih rebah lagi.
Selain
menyiapkan model standar, Ninja 250 injeksi juga memiliki varian high-end dengan
aplikasi rem ABS alias antilock braking system. Dijamin kenyamanan berkendara
selama perjalanan tetap aman dan nyaman sekalipun dihadang cuaca buruk. Sistem
pengereman ini murni ABS yang diaplikasi dari Ninja
ZX-1400F.
All
New Ninja 250 menggunakan rem cakram depan dan belakang yang compact
hingga menghasilkan tenaga pengereman yang akurat. Membuat penampilan Ninja
lebih kokoh. Untuk kenyamanan dan keselarasan pada pengereman KMI juga
menyiapkan model ABS terbaru.
Untuk
memberikan kesan yang menarik di bagian depan, penahan angin sudah menganut
model floating
atau mirip yang digunakan Ninja ZX-10R. Desain mengikuti bentuk gunung,
garis-garis elegan serta tajam, penampilan sporty. Sebagai alternatif untuk
layar standar sporty, kaca depan yang lebih tinggi sebagai Aksesoris, memberikan
perlindungan angin yang sesuai dengan kebutuhan
pengendara.
Di
luar penampilan first
look All New Ninja 250, dapur pacu 249cc kini dilengkapi sistem
pembakaran lebih sempurna FI-System (Fuel Injection System). Perbedaan mesin
injeksi dibanding Ninja 250R atau versi karburator memiliki keunggulan tenaga
yang konstan di setiap putaran. Mesin kembar paralel difokuskan untuk putaran
rendah dan menengah yang responsif, dikombinasikan akserelasi yang lebih baik di
putaran tinggi. Sedangkan fuel injection mengatur penggunaan bahan bakar yang
ideal di segala kondisi. Selain itu pula, penyempurnaan maksimal pada
konfigurasi mesin seperempat liter ini telah mengaplikasi crankcase, piston dan
silinder aluminium die-cast terbaru.
Faktor
utama yang merupakan kunci dari penyaluran tenaga yang halus dan mulus, pada All
New Ninja 250 ini sudah menerapkan sistem dua katup (throttle body), dimana
efisiensi penggunaan bahan bakar menjadi lebih baik dan menghasilkan daya yang
maksimal.
System
Throttle Body ganda yang lebih powerful dibanding mesin single silinder. Dimana
setiap aliran udara (air flow) yang masuk melalui katup berdiameter 28 mm dan
sub throttle 40,2 mm, dikontrol dengan baik oleh komputer sehingga menghasilkan
penyaluran tenaga lebih besar.

All
New Kawasaki Ninja 250 ditawarkan dalam dua varian. Model pertama, standar
non-ABS seharga Rp 49,9 juta dengan empat pilihan warna Ebony, Line Green,
Passion Red dan Pearl Sturdust White. Sedangkan versi kedua, Special Edition +
ABS Model seharga Rp 56,9 juta untuk dua pilihan warna Line Green + Ebony dan
Passion Red + Stardust White.
Spesifikasi:
Tipe mesin : 4 langkah/Tak, Pendingin Air, Dua Buah
Sejajar
Isi silinder : 249 cm3
Diameter x Langkah : 62.0 x 41.2 mm
Perbandingan kompresi : 11.3 : 1
Daya maksimum : 23.5 kW (32 PS) / 11.000 rpm
Torsi maksimum : 21.0 Nm {2.1 kgf m} /10.000 rpm
Sistem starter : Electric Starter
Katup Sistem : DOHC, 8 valves
Pengapian : Digital
Sistem bahan bakar : Fuel Injection System ( 28 mm x 2 ) dengan katup Throttle Ganda
Tipe Transmisi : 6-speed, return shift
Tipe rangka : tube diamond, stell
Suspensi depan : 37 mm telescopic fork
Suspensi belakang : Uni-Trak Sistem dengan Model Gas-Shock dan 5-tingkat penyetelan
Ban depan : 110/70-17 M/C (54S)
Ban belakang : 140/70-17 M/C (66S)
Rem depan : tunggal disc berdiameter 290 mm dengan kaliper dual-piston
Rem belakang: tunggal disc berdiameter 220 mm dengan kaliper dual-piston
Panjang x Lebar x Tinggi : 2.010 x 715 x 1.110 mm
Jarak Sumbu Roda : 1.400 mm
Jarak ke Tanah : 785 mm
Kapasitas Bahan Bakar : 17 litres
Berat Maksimum : 172 kg / 174 kg ( ABS model)
Isi silinder : 249 cm3
Diameter x Langkah : 62.0 x 41.2 mm
Perbandingan kompresi : 11.3 : 1
Daya maksimum : 23.5 kW (32 PS) / 11.000 rpm
Torsi maksimum : 21.0 Nm {2.1 kgf m} /10.000 rpm
Sistem starter : Electric Starter
Katup Sistem : DOHC, 8 valves
Pengapian : Digital
Sistem bahan bakar : Fuel Injection System ( 28 mm x 2 ) dengan katup Throttle Ganda
Tipe Transmisi : 6-speed, return shift
Tipe rangka : tube diamond, stell
Suspensi depan : 37 mm telescopic fork
Suspensi belakang : Uni-Trak Sistem dengan Model Gas-Shock dan 5-tingkat penyetelan
Ban depan : 110/70-17 M/C (54S)
Ban belakang : 140/70-17 M/C (66S)
Rem depan : tunggal disc berdiameter 290 mm dengan kaliper dual-piston
Rem belakang: tunggal disc berdiameter 220 mm dengan kaliper dual-piston
Panjang x Lebar x Tinggi : 2.010 x 715 x 1.110 mm
Jarak Sumbu Roda : 1.400 mm
Jarak ke Tanah : 785 mm
Kapasitas Bahan Bakar : 17 litres
Berat Maksimum : 172 kg / 174 kg ( ABS model)
No comments:
Post a Comment