Disini akan dibahas kiat2 dalam pergantian ban, khususnya ban sepeda motor.
Ada 2 alasan utama orang mengganti ban,
1.
Ban sudah 'habis' / 'botak' / rusak.
2.
Ingin mengganti ukuran ban dari yang sekarang dipunya.
1. Perhatikan umur ban yang akan dibeli.
Umur ban bisa kita lihat seperti pada gambar dibawah ini. Pada gambar tersebut tertera angka '0911' yang artinya ban tersebut diproduksi pada tahun 2011 minggu ke-9. So, kalo kita hendak membeli ban, usahakan dapat ban yang diproduksi (kalo bisa ya) 6 bulan sebelum kita membeli. Kadang penjual bilang 'ini masih baru kok', nah kalo soal itu balik ke kita lagi, kalo bisa ngotot, kan pembeli adalah raja.
2. Sesuaikan ukuran ban dengan velg yang diinginkan.
Nah, ini merupakan kiat yang terpenting bagi kita yang mau ganti ukuran dari standardnya ban motor kita. Perhatikan ukuran velg motor yang kita punya dengan ban yang mau kita ganti, sesuai kah? Berikut rincian perbandingan ukuran velg dan ukuran ban. Bisa juga diterapkan untuk velg yg 14 "(biasanya sepeda motor matic)
UKURAN VELG | UKURAN BAN *
1.20 | 50/90 = OK
1.40 | 50/90 = Kotak
1.60 | 50/90 = Ngga Cocok
1.85 | 50/90 = Ngga Cocok
2.15 | 50/90 = Ngga Cocok
2.50 | 50/90 = Ngga Cocok
1.20 | 60/90 = Pas
1.40 | 60/90 = OK
1.60 | 60/90 = Kotak
1.85 | 60/90 = Ngga Cocok
2.15 | 60/90 = Ngga Cocok
2.50 | 60/90 = Ngga Cocok
1.20 | 70/80 = OK
1.40 | 70/80 = Pas
1.60 | 70/80 = OK
1.85 | 70/80 = Kotak
2.15 | 70/80 = Ngga Cocok
2.50 | 70/80 = Ngga Cocok
1.20 | 80/90 = Bulat
1.40 | 80/90 = OK
1.60 | 80/90 = Pas
1.85 | 80/90 = OK
2.15 | 80/90 = Kotak
2.50 | 80/90 = Ngga Cocok
1.20 | 90/80 = Ngga Cocok
1.40 | 90/80 = Bulat
1.60 | 90/80 = OK
1.85 | 90/80 = Pas
2.15 | 90/80 = OK
2.50 | 90/80 = Kotak
1.20 | 100/80 = Ngga Cocok
1.40 | 100/80 = Ngga Cocok
1.60 | 100/80 = Bulat
1.85 | 100/80 = OK
2.15 | 100/80 = Pas
2.50 | 100/80 = OK
1.20 | 110/80 = Ngga Cocok
1.40 | 110/80 = Ngga Cocok
1.60 | 110/80 = Ngga Cocok
1.85 | 110/80 = Bulat
2.15 | 110/80 = OK
2.50 | 110/80 = Pas
1.20 | 120/70 = Ngga Cocok
1.40 | 120/70 = Ngga Cocok
1.60 | 120/70 = Ngga Cocok
1.85 | 120/70 = Ngga Cocok
2.15 | 120/70 = Bulat
2.50 | 120/70 = OK
Keterangan:
Kategori Pas, artinya sesuai antara ukuran ban dengan velg yang terpasang. Kategori Pas permukaan bannya menapak sebagian besar ke aspal dan hanya menyisakan sedikit permukaan ban yang tidak bergesekan dengan aspal.
Kategori Pas sangat bagus untuk handling dan kstabilan karena permukaan bannya menapak semua tapi tentu saja dibalik keuntungannya pasti ada kerugiannya, yaitu akselerasi maupun top speed berkurang lantaran bidang permukaan yang bergesekan dengan aspal jadi lebih banyak, ujung-ujungnya bisa boros bensin. Untuk menikung, kategori Pas tidak begitu cocok karena permukaan bannya hampir tidak bersisa untuk menikung rebah dengan sudut yang berlebihan.
Menikung rebah dengan sudut agak diluar normal membutuhkan bidang luar permukaan ban yang cukup karena akan bergesekan dengan aspal. Tidak kebayang kan jika nikung rebah tapi tidak ada permukaan ban untuk bergesekan dengan aspal, bisa gedubrak.
Kategori Oke , ban bisa terpasang dan baik untuk nikung, mau rebah dengan sudut ekstreem maupun nikung biasa. Memiliki permukaan ban yang tidak bergesekan dengan aspal dan bidang yang bergesekan hanya ada ditengah. Kategori ini cocok untuk mengejar akselerasi, top speed maupun untuk menikung, namun untuk handling tidak begitu bagus karena bidang yang bergesekan hanya ada ditengah sehingga bidang permukaan ban yang mencengkram aspal juga tidak sebanyak Kategori Pas.
Kategori Bulat memiliki banyak bidang permukaan ban yang tidak. Kategori Kotak juga hampir sama seperti Bulat, tidak direkomendasikan karena permukaan ban semuanya menapak aspal bahkan kurang dan membuat ban menjadi bentuk kotak yang bukan nama band itu ya.
Kategori Tidak cocok , yang ini sudah jelas karena artinya ban tidak bisa masuk ke velg yang akan dipasangi.
Nah, demikian sedikit tips dalam mengganti ban. Selanjutnya tentang perawatan dan info lainnya tentang ban akan diposting dibawah ini.
No comments:
Post a Comment